Thursday, July 10, 2014

Kembali bekerja di Malaysia

From Photo_2014
Foto diatas adalah hasil jepretan dari telpon genggam iPhone4 rekan saya, saat kami bekerja bersama di anjungan pemboran West Prospero, lepas pantai timur Semenanjung Malaysia.
From Photo_2014
Pertengahan tahun 2014, saya harus kembali mengambil kesempatan kerja di Malaysia. Salah satu perusahaan minyak Eropa terkemuka, melaksanakan program pemboran di lapangan minyak pantai timur Semenanjung Malaysia. Rencana pemboran kali ini akan menggali lebih kurang 16 sumur dalam program satu tahun lebih, sehingga saya harus siap untuk menjalani tugas sebagai Wellsite Geologist di anjungan pemboran.
From Photo_2014
Dimulai dengan sumur eksplorasi pertama yang cukup terbilang sukses, dengan menembus beberapa formasi batuan, termasuk lapisan reservoir, mengambil contoh inti batuan (core), melakukan rangkaian pengukuran log listrik (wireline logging). Jadwal kali ini, saya bekerja selama tiga minggu. Dimulai dari pemboran bagian atas dan bagian reservoir hidrokarbon. Beruntung, saya dapat pulang sebelum hari lebaran. Puasa di bulan ramadhan di anjungan pemboran, kali ini terasa biasa dan tidak berat; karena saya ditemani oleh rekan senior saya, Toni Juritno.
From Photo_2014
Foto dalam halaman ini adalah hasil jepretan saya yang saya ambil dari anjungan pemboran dengan meminjam kamera digital dari perusahaan, yaitu Nikon Coolpix S3600. Kamera saku ini menghasilkan gambar-gambar yang cukup "lumayan" bagus; tentu saja setelah disunting dengan Adobe Photoshop.

Salam "TETAP SEMANGAT",
Sad Agus
Wellsite Geologist Consultant
Terengganu Offshore, Malaysia July, 2014

No comments:

Post a Comment