Friday, December 5, 2014

Industry Photography 2014

From Landscape
Pekerjaan saya kali ini yaitu mengawasi dan melakukan pengamatan lapisan sedimen yang mengandung minyak bumi di anjungan pemboran di lepas pantai Semenanjung Malaysia. Pemboran sumur minyak ini merupakan hal penting bagi perusahaan tempat saya bekerja, karena pemboran ini bertujujan mengetahui adanya kandungan minyak di reservoir bagian sisi lain. Bahkan platform tempat menyedot minyak dari dalam bumi sudah dipasang dan sedang disiapkan. Kali ini, saya diminta untuk mengambil gambar platform ini, dimana saat ini anjungan pemboran tempat saya bekerja sudah "menempel" disisi platform. Anjungan pemboran ini, kali ini bertugas untuk melakukan pemboran beberapa lubang sumur horizontal. Saat saya bertemu kepala ahli pemboran perusahaan ini di kapal angkut, dia menanyakan apakah saya membawa kamera digital saya, saya mengatakan maaf, kalau saya tidak membawanya kali ini.
From Landscape
Akhirnya, setelah saya bekerja mempersiapkan salah satu sumur minyak yang akan dibor, maka saya dipersilahkan untuk menggunakan kamera saku Nikon Coolpix S3600 dan salah satu kapal untuk mengambil beberapa gambar mengelilingi anjungan pemboran. Saya katakan kepada Kapten Kapal untuk bergerak ke arah barat anjungan pemboran, dengan harapan foto yang saya ambil tidak "melawan" sinar matahari. Bagi saya, beberapa hasil bidikan tersebut tidak lah mengecewakan.
From Landscape
Setelah menyunting beberapa bidikan di Macbook Air, saya kirim hasil akhirnya kepada semua pihak perusahaan yang tertarik dan membutuhkan. Itulah sekelumit pengalaman saya yang bekerja selain sebagai ahli geologi di anjungan pemboran minyak, sekaligus sebagai fotografer amatiran.

Semoga bermanfaat,
Sad Agus
Semenanjung Malaysia
2 December 2014

No comments:

Post a Comment